Senin, 04 Agustus 2014

Profil komedian Mamiek Prakoso

Profil komedian Mamiek Prakoso - Update terbaru seputar seleb Mamiek Prakoso, Mamiek Prakoso mininggal pada tanggal 3 Agustus 2014 di RS Brayat Solo. Dari komedian Nunung diketahui bahwa lever pria tersebut sempat bengkak sebelum menghembuskan nafas terakhir.


Pria kelahiran Salatiga, Desember 1963 ini memiliki nama Mamiek Podang. Ayahnya, Ranto Edi Gudel adalah seorang pelawak dan seniman serba bisa yang juga menciptakan lagu Anoman Obong. Mamiek adalah anak ketiga dari 6 bersaudara, ia juga merupakan kakak dari penyanyi campursari terkenal, Didi Kempot. Mamiek memiliki tiga istri, yaitu Surani, Srikandi dan Ati.


KARIR
Mamiek mengawali karir lawaknya dengan bergabung di Srimulat pada tahun 1984. Rambut yang dicat pirang di bagian kiri dan kanan di atas telinga menjadi ciri khas penampilannya hingga saat ini. Selain itu, Mamiek juga terkenal dengan kata-kata lawakannya seperti "makbedunduk" dan "maknjegagik" (sekonyong-konyong, tiba-tiba).

Darah seni dari sang Ayah rupanya tidak luntur begitu saja. Meski telah sukses bersama Srimulat, Mamiek tidak bisa lepas dari dunia campursari. Di studio musik miliknya, Ia pernah merilis beberapa lagu campursari, di antaranya berjudul Grojogan Sewu, Ora Tak Gagas dan Cidro.

Di era kebangkitan film Indonesia, Mamiek ikut mengambil peran dalam film KING (2009). Dalam film ini Mamiek mendapatkan nominasi Piala Citra 2009 sebagai Pemeran Pembantu Pria Terbaik dan memenangkan Pemeran Pembantu Pria Terpuji pada Festival Film Bandung 2010.

Mamiek dikenal dekat dengan beberapa musisi dan pelawak lainnya seperti Timbul, Basuki, dan Mbah Surip. Bahkan ketika Mbah Surip meninggal, jenazah beliau dimandikan di rumah Mamiek Prakoso.

Setelah Srimulat vakum di tahun 2005, tayangan hiburan tradisional mulai hilang di pasaran. Hal ini membuat Charles Ghozali, sutradara film, prihatin dan berniat untuk mengangkat kembali Srimulat menjadi tontonan yang menarik. Pada tahun 2011, Charles Ghozali memulai produksi film berjudul FINDING SRIMULAT. Mamiek beserta rekan Srimulat lainnya seperti Gogon, Tessi, dan Djujuk Djuwariah turut terlibat dalam pembuatan film ini.

FILMOGRAFI
KANAN KIRI OKE (1990)
MAKELAR KODOK (1991)
MAS SUKA MASUKIN AJA (2008)
KING (2009)
FINDING SRIMULAT (2012)

ref :kapanlagi.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Profil komedian Mamiek Prakoso